Pelatihan Topeng Batik Kayu Oleh Dispernaker Kota Salatiga

Salatiga_ 22 April 2019

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Salatiga, mengadakan ” Pelatihan Topeng Batik Kayu” yang diikuti oleh 25 orang dari pengrajin kayu dan bambu yang ada di kota Salatiga.

Pada pelatihan kali ini mengundang pengajar dari Gunung Kidul yang pada prinsipnya di Gunung Kidul tepatnya di Batur Kecamatan Patuk, sudah menjadi sentra pengrajin Topeng Kayu, yang sudah terkenal di Jawa tengah bahkan sampai keluar negri. Dari Gunung Kidul Bapak Mugimin bersama istri yakni ibu Wilastri mengajar kan ilmunya di Kota Salatiga.

Pelatihan ini berlangsung mulai dari tanggal 22 sampai 26 April bertempat di Warung Sawah Salatiga.

Peserta dengan semangat mengikuti pelatihan membuat topeng kayu baik teori maupun prakteknya. Dalam pelatihan ini tentu saja topeng merupakan hal yang baru bagi peserta, karena pada umumnya mereka membuat kerai bambu, pintu, kusen ( meubel), namun dengan niatan dan usaha maksimal mereka dapat membuat topeng sesuai yang di ajarkan oleh pelatih.

Intinya Pelatihan Topeng Batik Kayu ini adalah sebagai inovasi sekaligus variasi produk kerajinan yang nantinya dapat membantu meningkatkan pendapatan dan perekonomian peserta.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *